Selasa, 29 April 2014

“Rumah” yang dilindungi oleh Sang Pencipta, Masjid Raya Baiturrahman, Seuramoe Mekah.

“Rumah” yang dilindungi oleh Sang Pencipta, Masjid Raya Baiturrahman, Seuramoe Mekah.


Banda Aceh, adalah salah satu kota yang ada di Aceh sekaligus ibu kota provinsi Aceh.  Banda Aceh juga dikenal sebagai sebutan Tanoh rencong dan Seuramoe Meukah. Jumlah penduduk di aceh pada tahun 2010 menurut Badan Pusat Statistika (BPS) adalah sebanyak 4,8 juta jiwa. Kota ini juga dikenal sebagai pemilik kedai kopi terbanyak di Indonesia. Selain memiliki kedai kopi terbanyak, Aceh juga memiliki berbagai macam tempat wisata. Salah satunya adalah wisata religi yaitu Masjid Raya Baiturrahman.

                              Masjid Raya Baiturrahman tampak depan. Sumber : www.panoramio.com/photo/48451304

Masjid Raya Baiturrahman atau yang lebih dikenal dengan sebutan masjid raya adalah masjid kebanggaan masyarakat Aceh pada umunya. Masjid ini memiliki begitu banyak lembaran sejarah didalamnya. Masjid Raya Baiturrahman ini dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M. Namun pada bulan shafar 1290 atau april 1837 M, masjid raya baiturrahman ini telah terbakar habis pada agresi tentara belanda kedua.  Namun setelah 4 tahun kemudian, masjid ini dibangun kembali dengan mengulangi janji jenderal Van Lansberg.

Masjid Raya Baiturrahman ini memiliki bentuk yang sangat indah, begitulah menurut kami sebagai masyarakat aceh. Betapa tidak, banyak dari masyarakat aceh yang bukan berdomisili di Banda Aceh ingin mengunjungi masjid Raya Baiturrahman. Jika mereka ke banda aceh, sebagian dari mereka pasti menyempatkan diri untuk ke Masjid Raya Baiturrahman.

Didepannya, terdapat sebuah kolam yang sangat indah, disisi nya ditanami rumput hijau. Masjid ini juga memiliki 7 buah kubah, Sehingga menambah nuansa keindahan jika memandangnya.

Saat memasuki masjid ini, ada rasa nyaman yang menghampiri hati. Di masjid ini tidak terdapat AC, hanya terdapat kipas angin. Tapi, suasana didalamnya sangatlah nyaman. Membuat sebagian orang betah berlama - lama berada di dalam masjid ini.

                                                                      Bagian dalam masjid raya baiturrahman
                                                                           Sumber : travellersid.wordpress.com

            Masjid raya baiturrahman ini memiliki sejarah yang sangat menarik perhatian masyarakat.
Mengapa ?
Sepuluh tahun silam, tepatnya pada tanggal 26 desember 2004, Allah kembali menguji masyarakat Aceh dengan gempa dan tsunami. Saat itu sebagian besar lokasi yang ada di Banda Aceh telah habis diterjang oleh tsunami. Semua tempat, rumah-rumahan, gedung sekolah, kantor, dan sebagainya juga dilahap oleh tsunami. Menurut saksi sejarah, pada saat itu sebagian masyarakat  berbondong - bondong  menuju ke Masjid Raya Baiturrahman untuk mencari tempat berlindung. Dengan kekuatan Allah yang membawa mereka hingga sampai ke tempat itu. Mereka berlindung ke bagian atas bangunan tersebut. Akhirnya mereka selamat dari bencana tsunami tersebut karena masjid raya baiturrahman masih berdiri kokoh ditempatnya sedangkan sekitarnya telah hancur.

Subhanallah…

          Allah telah menunjukkan kekuasaannya dengan didatangkannya tsunami yang menghancur leburkan sebagian wilayah di Aceh dan Masjid Raya Baiturrahman masih berdiri kokoh meski sekitarnya telah hancur…
 Maka apakah kamu masih meragukan kekuasaan Allah ???

                            Gambar suasana masjid raya baiturrahman dan sekitarnya pasca Tsunami 2004.
                 Sumber gambar: http://travellers.web.id/wp.content/uploads/2012/06/Masjid-Raya-Baiturrahman-5-Banda-Aceh-Nanggroe-Aceh-Darussalam-Indonesia.jpg

            Subhanallah, Masjid Raya Baiturrahman, “Rumah” yang telah dijaga oleh Allah SWT, Sang Maha Pencipta.

Masjid raya baiturrahman ini setiap hari ramai oleh orang-orang yang ingin berkunjung dan para jamaah yang ingin melaksanakan shalat berjamah dimasjid itu. Terutama ketika pada hari – hari besar islam seperti hari raya idul fitri, hari raya idul adha, dan sebagainya masjid ini sesaki oleh para jamaah.

Dimasjid itu juga sering digelar dengan kegiatan - kegiatan islami. Seperti pertemuan ODOJERS se-Aceh. Sungguh luar biasa Masjid raya baiturrahman ini, dimasjid ini tidak hanya tempat untuk beribadah, akan tetapi juga tempat untuk menjalin tali silaturrahmi sesama saudara seiman.

Letak masjid raya baiturrahman ini juga sangat strategis dengan pusat perbelanjaan tradisional yang ada di banda aceh atau yang lebih dikenal dengan sebutan pasar aceh. Jika anda berkunjung ke pasar tradisional Aceh, jangan lupa untuk ke Masjid Raya Baiturrahman. Disana anda akan menemukan kesejukan dan ketenangan jiwa.

                                                                         Pasar tradisional aceh (Pasar Aceh)
                                                                        Sumber gambar : m.kompasiana.com

            Jadi, bagi anda yang belum pernah ke Masjid Raya Baiturrahman, segera menuju Pusat Ibukota Banda Aceh, jln. Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates